Sunday 25 September 2016

SAMBA

Samba (software)



Samba adalah perangkat lunak bebas ulang pelaksanaan SMB / CIFS jaringan protokol , dan pada awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell . Samba memberikan berkas dan cetak layanan untuk berbagai Microsoft Windows klien dan dapat mengintegrasikan dengan Microsoft domain Windows Server , baik sebagai Domain Controller (DC) atau sebagai anggota domain. Pada versi 4, mendukung Active Directory Microsoft dan Windows NT domain.
Samba berjalan pada kebanyakan Unix , OpenVMS dan Unix-seperti sistem, seperti Linux , Solaris , AIX dan BSD varian, termasuk Apple OS X Server , dan OS X client (versi 10.2 dan lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai dasar layanan sistem pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah persyaratanGNU General Public License . Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.

  • ·         Awal sejarah 

Andrew Tridgell mengembangkan versi pertama dari Samba Unix pada bulan Desember 1991 dan Januari 1992, sebagai mahasiswa PhD di Universitas Nasional Australia , menggunakan packet sniffer untuk melakukan analisis jaringan dari protokol yang digunakan oleh DEC Pathworks perangkat lunak server.
Pada saat versi 1.0, ia menyadari bahwa ia "sebenarnya sudah menerapkan protokol NetBIOS" dan bahwa "software ini bisa digunakan dengan klien PC lainnya". Dengan fokus pada interoperabilitas dengan Microsoft LAN Manager. Midway melalui 1,5-seri, nama ini diubah untuk smbserver. Namun, Tridgell mendapat merek dagang pemberitahuan dari perusahaan "Sintaks", yang menjual produk bernamaTotalNet Advanced Server dan dimiliki merek dagang untuk "SMBserver". Nama "Samba" berasal dengan menjalankan perintah Unix grep melalui sistem kamus mencari kata-kata yang mengandung huruf S, M, dan B, agar (yaitu grep -i '^s.*m.*b' /usr/share/dict/words ).

  • ·         Versi sejarah 

Tanggal
Versi
Deskripsi
23-09-2003
3.0.0
upgrade besar
2008/01/07
3.2.0
Ini akan diperbarui pada dasar yang dibutuhkan untuk masalah keamanan hanya [11]
27-01-2009
3.3
2009/03/07
3.4
Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan kedua kode Samba 3 dan Samba 4 sumber. [12]
30-04-2012
3.4.17
Ini adalah rilis stabil terbaru dari seri Samba 3.4. [13]
2010/01/03
3.5
Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan dukungan eksperimental untuk SMB2 . [14]
2011/09/08
3.6
Ini adalah cabang pertama yang meliputi dukungan penuh untuk SMB2 . [15]
2012/11/12
4
Ini adalah menulis ulang utama yang memungkinkan Samba menjadi Directory kontroler domain Active, berpartisipasi penuh dalam Windows Active Directory Domain. Its preview teknis pertama (4.0.0TP1) dirilis pada Januari 2006 setelah 3 tahun pembangunan. [16] [17]
2013/10/10
4.1
dukungan untuk SMB3
2015/04/03
4.2
Btrfs kompresi file berbasis, foto dan winbind integrasi [18]
2015/08/09
4.3
Fitur Logging baru, SMB 3.1.1 dukungan [19]
22-03-2016
4.4
Asynchronous permintaan siram [20]



  • ·         Keamanan

Beberapa versi 3.6.3 Samba dan rendah menderita masalah keamanan serius yang dapat memungkinkan pengguna anonim untuk mendapatkan akar akses ke sistem dari koneksi anonim, melalui eksploitasi kesalahan dalam Samba panggilan prosedur jarak jauh . Pada tanggal 12 April, 2016, Badlock,]bug keamanan penting dalam Windows dan Samba, diungkapkan. Badlock untuk Samba direferensikan oleh CVE-2016-2118 (samr dan LSA orang dalam serangan tengah mungkin).

  • ·         Fitur

Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
  •  NetBIOS lebih TCP / IP ( NBT )
  • SMB
  • CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
  • DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
  • Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
  • PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
  • Keamanan Account Manajer (SAM) database yang
  • Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
  • Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS), NTLM dan baru-baru Active Directory Logon yang melibatkan versi modifikasi dari Kerberos dan versi modifikasi dari LDAP .
  • DFS Server

Semua layanan ini dan protokol sering salah disebut sebagai hanya NetBIOS atau SMB. NBT (NetBIOS over TCP / IP) dan WINS protokol yang usang pada Windows.
Pengguna Unix dapat baik me-mount saham secara langsung sebagai bagian dari struktur file mereka menggunakan perintah smbmount atau, alternatif, dapat menggunakan utilitas, smbclient (libsmb) diinstal dengan Samba untuk membaca saham dengan antarmuka yang mirip dengan standar baris perintah FTP Program. Setiap direktori dapat memiliki hak akses yang berbeda overlay di atas normal perlindungan berkas Unix.
layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:
  •         smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
  •         nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.


Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Samba Web Administration Tool (SWAT). SWAT telah dihapus dimulai dengan versi 4.1.



0 comments:

Post a Comment